Kamis, 19 Januari 2012
Tutorial Pembuatan Modeling TV Menggunakan Blender
Untuk tugas softskill kali ini saya membahas tentang "Tutorial Pembuatan Modeling TV menggunakan Blender". Ada banyak cara untuk membuat Modeling TV dengan menggunakan berbagai macam software yang menyediakan berbagai macam design grafis contohnya Blender versi 2.9, Blender versi 2.55, 3dsmax dan lain-lain. Kelebihan dalam menggunakan Blender pada pembuatan modeling TV ini adalah tampilan desain pada layar monitor cukup baik karena banyak tools-tools yang bisa digunakan untuk mengolah model gambar yang kita inginkan.
Disini kita akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan'a..
1. Buka terlebih dahulu aplikasi dari blendernya dengan cara klik start, all programs, blender 2.55. Setelah itu, kita buat layar utama menjadi dua bagian dengan cara klik view, duplicate area into new window, lalu kita ubah ukuran dari kubus menjadi tipis sehingga menjadi sesuai denga sumbu x y z, dengan menekan Alt + klik kiri. Kemudian masuklah ke dalam Edit Mode dengan menekan Tab, lalu hilangkan seleksi dengan menekan A, lalu pilihlah seleksi Edges dengan menekan Ctrl + Tab dan klik kiri. Kemudian pilihlah Edge seperti gambar berikut.
2. Dengan klik kanan pada Edge dan tambah Shift untuk menselect Edge berikutnya. Kemudian tekan Ctrl + R, lalu klik kiri. Lalu geser Edge nya dengan menggunakan mouse seperti gambar berikut. Kemudian klik kiri seperti gambar berikut :
3. Sekarang pilihlah seleksi Faces dengan menekan Ctrl + Tab dan klik kiri. Kemudian pilihlah Face.
Kemudian tekan S dan geser mouse, lalu klik kiri seperti gambar berikut.
4. Kemudian klik kiri pada panah warna biru dan geser ke bawah. Sekarang pilihlah seleksi Edges dengan menekan Ctrl + Tab dan klik kiri. Lalu pilihlah Edge seperti gambar berikut.
5. Kemudian tekan Ctrl + R, lalu klik kiri. Lalu geser Edge nya dengan menggunakan mouse seperti gambar berikut. Kemudian klik kiri.
6. Kemudian tekan S dan geser mouse, lalu klik kiri. Kemudian pilihlah seleksi Faces dengan menekan Ctrl + Tab > Faces. Klik kanan pada faces.
7. Kemudian extrude dengan menekan E seperti gambar di bawah. Lalu klik kanan. Kemudian scale dengan menekan S seperti gambar di bawah. Lalu klik kiri.
8. Kemudian extrude dengan menekan E seperti gambar di bawah. Lalu klik kiri. Kemudian Klik kanan pada faces.
9. Kemudian klik kiri pada panah warna biru dan geser ke atas. Kemudian tekan A untuk menselect semua faces, objek nya akan seperti gambar di bawah.
10. Lalu tekan S, kemudian tekan Y, lalu klik kiri. Kemudian tekan A untuk menghilangkan select semua faces seperti gambar di bawah.
11. Sekarang kita akan menambahkan tombol pada TV, pilih View > Side > Orthographic kemudian
zoom (dekati) objek agar terlihat jelas, gunakan roller pada mouse. Pertama klik kiri, agar penunjuk
kursornya berpindah. Kemudian tambahkan sebuah objek UV Sphere dengan menekan Space pada keyboard lalu pilih Add> UV Sphere > Ok.
12. Kemudian scale tekan S seperti gambar 1. { lalu tekan Shift + D lalu tekan Y geser dan klik kiri }
seperti gambar 2. Ulangi langkah yg di dalam kurung untuk memperbanyak objek. Kemudian keluar dari Edit Mode, tekan Tab. Lalu tekan Shift + P untuk melihat hasil render.
Semoga berhasil. Good Luck!.
Sumber : Copyright © 2009, Elfaz zikra
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar